RADIO

Radio, sahabat kita semua sebab bisa menyentuh diberbagai kalangan. Indonesia mempunyai sejarah panjang hingga berdirinya radio. Dimulai dengan ditemukannya suatu pesan dalam jarak pendek menggunakan alat sederhana berupa kawat beraliran listrik oleh Donald Mc. Nicol dalam bukunya Radio’s Conquest of Space.

Penemuan berikutnya oleh tiga orang cendekiawan muda, di antaranya adalah James Maxwell berkebangsaan Inggris pada tahun 1865. Ia dijuluki scientific father of wireless, karena berhasil menemukan rumus rumus yang diduga mewujudkan gelombang elektromagenetik, yakni gelombang yang digunakan radio dan televisi.

Penemuan radio yang digunakan sebagai alat atau media komunikasi massa, awalnya diperkenalkan oleh David Sarnoff pada tahun 1915. Selanjutnya Le De Forrest melalui eksperimen siaran radionya telah menyiarkan kampanye pemilihan Presiden Amerika Serikat pada tahun 1916, sehingga dikenal sebagai pelopor radio siaran.

Radio siaran pertama di Indonesia dikenal sejak zaman penjajahan Belanda, bernama Bataviase Radio siaran Vereniging (BRV). Radio siaran ini didirikan pada tanggal 16 Juni 1925 di Batavia dan berstatus sebagai radio swasta. Ketika Belanda menyerah pada Jepang 8 Maret 1942, radio siaran yang tadinya berstatus perkumpulan swasta dinonaktifkan dan diurus oleh jawatan khusus bernama Hoso Kanri Kyoku (HKK). HKK merupakan pusat radio siaran yang berkedudukan di Jakarta dan menyebarkan cabang cabang di Bandung, Purwakarta, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya dan Malang dengan nama Hoso Kyuku. Rakyat Indonesia pada masa ini hanya boleh mendengarkan siaran dari Hoso Kyuku saja.

Sampai pada masa Awal Kemerdekaan RI, radio siaran masih dikuasai oleh Jepang hingga ketika Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia berita ini tidak dapat disiarkan secara langsung melalui radio siaran. Akan tetapi akhirnya berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dapat dikumandangkan di udara melalui radio siaran stasiun call  “Radio Indonesia Merdeka”.

Saat ini kita bisa menikmati berbagai radio yang telah ada diberbagai daerah di Indonesia. Tak hanya secara analog, radio juga bisa didengarkan via digital, yaitu streaming ataupun smartphone. Cukup log on saja dan enjoy it.